BNI Salurkan Rp 4,59 Triliun KUR pada April 2024, Fokus pada Sektor Usaha Produktif

- 17 Mei 2024, 19:07 WIB
KUR BNI 2024
KUR BNI 2024 /Dok BNI

KLIKLUBUKLINGGAU.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) mencatatkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp 4,59 triliun hingga April 2024.

Nilai ini setara dengan 23,6 persen dari target kuota tahun 2024 yang ditetapkan sebesar Rp 19 triliun. Penyaluran tersebut difokuskan pada sektor-sektor produktif seperti industri pengolahan, perikanan, dan pertanian, yang mencakup 38,9 persen dari total penyaluran.

Corporate Secretary BNI, Okki Rushartomo, menjelaskan bahwa penyaluran KUR ini telah mencapai 20.569 debitur baru.

"BNI fokus menyalurkan KUR pada sektor-sektor produktif seperti industri pengolahan, perikanan, dan pertanian, dengan total penyaluran mencapai 38,9 persen. Ini menunjukkan komitmen BNI dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui sektor-sektor yang memiliki potensi besar," ujar Okki pada Senin, 13 Mei 2024.

Baca Juga: BNI Menawarkan Pinjaman KUR Hingga Rp 500 Juta, Pinjaman Rp25 Juta dengan Cicilan Mulai Rp700 Ribuan

Okki menambahkan bahwa BNI optimis penyaluran KUR 2024 akan terus berjalan positif hingga akhir tahun. Dia menyoroti kebutuhan permodalan usaha yang tinggi dari pelaku usaha mikro dan kecil di Indonesia serta kondisi ekonomi yang tumbuh cukup stabil sebagai faktor pendorong utama.

"Kondisi ekonomi yang stabil dan kebutuhan permodalan yang tinggi dari pelaku usaha mikro dan kecil berpotensi mendorong kinerja kredit BNI di sektor ini," jelas Okki.

BNI juga berupaya mengoptimalkan alokasi kuota KUR yang telah diberikan pemerintah. Salah satu strategi yang dilakukan adalah mendorong debitur KUR untuk naik kelas ke segmen Non KUR atau komersial.

Upaya ini bertujuan untuk meningkatkan skala bisnis debitur sehingga mereka dapat berkontribusi lebih signifikan terhadap perekonomian nasional.

Halaman:

Editor: Firmansyah Ababil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah