Berikut Bacaan Doa Kamilin dan Artinya, Dibaca Setelah Shalat Tarawih

- 25 Maret 2023, 17:37 WIB
Ilustrasi shalat tarawih bulan Ramadhan.
Ilustrasi shalat tarawih bulan Ramadhan. /Humas Pemprov Jatim

KLIKLUBUKLINGGAU.com-Pada malam Ramadhan. Nabi SAW menganjurkan kaum muslim untuk melaksanakan shalat tarawih. Dikatakan bahwa setelah sholat tarawih ada bacaan doa kamilin untuk memohon kesempurnaan iman kepada Allah SWT.

Bagaimana bacaannya?

Awal Mula Istilah Shalat Tarawih

Panduan Lengkap Ibadah oleh Muhammad Al-Baqir menyebutkan, istilah sholat tarawih baru dipakai sejak masa kekhalifahan Umar bin Khathab. Di mana kala itu Umar adalah orang pertama kali mengumpulkan kaum muslim untuk mengerjakan shalat tarawih yang dipimpin imam dengan berjamaah di masjid. Tindakan Umar ini kemudian diikuti oleh para khalifah selanjutnya, hingga umat muslim sampai masa sekarang.

Sementara sebelumnya pada masa Rasulullah, sholat tarawih disebut dengan shalat qiyam Ramadhan. Sebagaimana dalam hadits Nabi SAW dari Abu Hurairah :

Baca Juga: Doa Shalat Witir 3 Rakaat dalam Arab, Latin, dan Artinya Lengkap

‎مَن قَامَ رَمَضَانَ إيمَانًا واحْتِسَابًا، غُفِرَ له ما تَقَدَّمَ مِن ذَنْبِهِ

Artinya: "Barang siapa mengadakan qiyam Ramadan karena keimanan dan pengharapan pahala maka akan ia diampuni dosa-dosanya yang telah lampau." (HR Bukhari, Muslim & Tirmidzi).

Buku Shalat Sunnah : Hikmah &Tuntunah susunan Nasrul Umam S. dkk menjelaskan bahwa qiyam Ramadhan dalam hadist tersebut merujuk pada sholat tarawih dan shalat witir yang dilakukan khusus selama malam bulan Ramadhan. Adapun di bulan selain Ramadhan, Rasulullah mensyariatkan qiyamul lail dengan mendirikan shalat tahajud serta shalat witir.

Halaman:

Editor: Aan Sangkutiyar

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah