Prabowo Janji Akan Ringankan UKT di PTN: Kalau Bisa Sangat Minim atau Gratis

- 23 Mei 2024, 16:15 WIB
Prabowo Subianto Presiden terpilih 2024-2029.
Prabowo Subianto Presiden terpilih 2024-2029. /

KLIKLUBUKLINGGAU.com- Akhir-akhir ini mahasiswa Indonesia di berbagai universitas protes terkait kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT). Presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto pun ikut mengomentari hal tersebut.

Dalam keterangan tertulis, Prabowo mengatakan pihaknya berjanji akan meringankan UKT perguruan tinggi negeri di Indonesia. Kampus dari hasil pajak rakyat, kata dia, sudah sepatutnya terjangkau.

"Apalagi di Universitas negeri yang dibangun oleh uang rakyat (uang APBN) harus jangan tinggi, kalau bisa sangat minim atau gratis. Ini kita harus hitung dan bekerja keras untuk itu,” kata Prabowo dikutip Kamis, 23 Mei 2024.

Baca Juga: Idaman Wisatawan! Bersantai Menikmati Pemandangan yang Indah di Sekitar Wisata Air Terjun Bugbrug

Prabowo tak lupa memberikan sorotan terhadap sistem dunia pendidikan pasca Orde Baru. Menurutnya, sejak reformasi, sektor ini berubah drastis menjadi industri sarat kapitalisme.

"Jadi (negara/pengelola) berpikirnya bahwa semua itu bisa menjadi market (bisnis), padahal ini adalah public goods (kepentingan umum), kewajiban sosial bagi suatu negara," ujar Prabowo.

Dengan demikian, Probowo memastikan bahwa pemerintah baru di bawah kepemimpinannya akan mengupayakan peningkatan dan perbaikan dalam dunia pendidikan.

Baca Juga: Bliss Bungalow Ubud: Salah Satu Akomodasi Instagramable yang Populer di Kabupaten Gianyar, Bali

Ia melanjutkan, program hilirisasi menjadi salah satu opsi yang diharapkan dapat membantu menambah penghasilan negara secara signifikan. Nantinya, perputaran pendapatan akan mempertebal anggaran pendidikan.

“Tentunya kita harus hilirisasi untuk kita dapat nilai tambah dan perbaiki pendidikan kita,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Rina Sephtiari


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah