Wisatawan Wajib Tahu! Berikut 5 Makanan Khas Daerah Surakarta yang Populer dan Wajib Dicoba Saat Liburan

- 3 April 2024, 09:00 WIB
Nasi Liwet Solo salah satu makanan khas daerah Surakarta yang populer.
Nasi Liwet Solo salah satu makanan khas daerah Surakarta yang populer. /iStockphoto

KLIKLUBUKLINGGAU.com – Makanan khas daerah Surakarta yang Populer Surakarta atau dikenal dengan nama Solo merupakan kota yang kaya akan warisan budaya, termasuk kulinernya.

Di bawah ini lima makanan khas daerah Surakarta yang populer dan patut untuk dicoba:

1. Nasi Liwet Solo

Nasi Liwet adalah hidangan nasi yang dimasak dengan santan, daun salam, serai dan bumbu lainnya yang jadi makanan khas daerah Surakarta yang populer.

Hidangan ini disajikan dengan lauk pauk seperti ayam goreng, telur rebus, tahu goreng, tempe goreng, dan sambal.

Rasanya yang nikmat dan aroma rempah yang khas membuat nasi liwet menjadi salah satu masakan yang paling digandrungi di Solo.

Baca Juga: Rekomendasi Akomodasi Hotel yang Populer dan Strategis di Kota Kayu Agung, Gita Home Inn

2. Sate Buntel

Sate Buntel adalah masakan khas sate solo yang terbuat dari daging sapi atau kambing yang dibungkus dengan daging giling atau lemak kambing lalu dibakar.

Proses pemanggangan inilah yang membuat Sate Buntel bertekstur lembut dan kaya rasa. Hidangan ini sering disantap dengan nasi, longong atau ketupat.

3. Tiwul

Tiwul adalah masakan tradisional khas Solo yang terbuat dari singkong atau tepung singkong yang dikeringkan dan digiling.

Sering disajikan dengan gula merah cair atau santan. Tiwul memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang unik sehingga menjadi jajanan favorit di Solo.

Baca Juga: Bukit Kapur Suci! Destinasi Wisata Indah yang dengan Keindahan Alam, Keberagaman Kultural, dan Spiritual

4. Wedang Ronde

Wedang Ronde adalah minuman panas khas Solo yang terbuat dari bola-bola tepung beras yang diisi kacang tanah, gula merah dan jahe, kemudian direbus dengan air jahe.

Minuman ini disajikan dalam mangkuk berisi kuah jahe hangat. Rasanya yang manis dan hangat cocok digunakan saat musim dingin.

5. Selat Solo

Selat Solo adalah masakan khas Solo yang terdiri dari daging sapi, kentang, wortel, telur rebus dan kacang hijau yang disajikan dengan kuah kental yang terbuat dari campuran kuah kaldu, kuah tomat dan bumbu lainnya.

Halaman:

Editor: Aan Sangkutiyar

Sumber: Gramedia Tokopedia Youtube Kuliner Mantap


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x