Komet Langka ZTF akan Melintas Dekat Bumi, Catat Waktunya

- 1 Februari 2023, 20:14 WIB
Ilustrasi - Komet dan siluet pohon, Komet langka ZTF akan melintasi langit Indonesia malam ini Rabu, 1 Februari 2023, begini cara, waktu, dan tempat terbaik untuk melihatnya.
Ilustrasi - Komet dan siluet pohon, Komet langka ZTF akan melintasi langit Indonesia malam ini Rabu, 1 Februari 2023, begini cara, waktu, dan tempat terbaik untuk melihatnya. /Pexels.com/@Richard Bartz

KLIKLUBUKLINGGAU.com- Komet langka bernama C/2022 E3 (ZTF) dikabarkan akan melintas dekat bumi hari ini, 1 Februari 2023.

Komet ZTF disebut sebagai komet langka, karena menyelesaikan masa orbit pada matahari setiap 50.000 tahun sekali.

Sehingga, manusia hanya dapat melihat komet ZTF melintas di dekat bumi dalam waktu seumur hidup.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) RI mengatakan masyarakat Indonesia diperkirakan dapat menyaksikan komet ZTF melintas pada 1 Februari 2023, mulai pukul 18.30 hingga 2 Februari pukul 02.30 WIB.

Baca Juga: Sulawesi Utara Diguncang Gempa 6,8 Magnitudo

Hal ini diinformasikan oleh LAPAN RI melalui unggahan Instagram di akun resminya, pada 20 Januari 2023.

“Komet C/2022 E3 (ZTF) dapat diamati dari tempat yang bebas dari polusi cahaya, dengan arah pandangan bebas dari penghalang, dan kondisi cuaca setempat yang cukup cerah,” kata Andi Pangerang selaku Peneliti Pusat Riset Antariksa BRIN, dikutip dari unggahan Instagram @ lapan_ri pada 1 Februari 2023.

Namun, melintasnya komet ZTF akan sulit diamati secara langsung, oleh masyarakat yang berada di daerah dengan tingkat polusi cahaya sedang hingga tinggi, atau kawasan kota.

Pada daerah tersebut, melintasnya komet ZTF akan sulit diamati dengan mata langsung, tanpa menggunakan bantuan teleskop atau teropong.

Baca Juga: Gerhana Bulan Total Terjadi Besok, Simak Niat dan Tata Cara Salat Khusuf

Halaman:

Editor: Rina Sephtiari


Tags


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x