Menyongsong Era Digital: Tantangan dan Peluang Media dalam Membangun Kebebasan Pers

- 22 April 2024, 22:06 WIB
Ilustrasi era digital yang perlu disiapkan Indonesia.
Ilustrasi era digital yang perlu disiapkan Indonesia. /Pixabay/jmexclusives

KLIKLUBUKLINGGAU.com – Dalam era digital yang terus berkembang, media dihadapkan pada tantangan besar untuk berinovasi dan bertransformasi secara digital guna mempertahankan relevansinya. Namun, seiring dengan tantangan tersebut, terbuka pula peluang besar bagi media untuk menjadi agen perubahan yang kuat bagi masyarakat.

Dengan mengadopsi teknologi digital secara kreatif, media dapat mengubah strategi bisnis dan pelayanannya kepada masyarakat. Konsumsi konten yang semakin beralih ke platform digital, seperti media sosial, podcast, dan layanan streaming, menuntut media untuk terus beradaptasi agar tetap relevan.

Tantangan utama yang dihadapi media di era digital adalah revolusi teknologi informasi yang telah mengubah lanskap media secara drastis. Model bisnis media tradisional terguncang oleh kemunculan platform digital, memaksa industri media untuk beradaptasi dengan cepat.

Baca Juga: Usai Berdiskusi dengan Joe Biden, Benjamin Netanyahu Batalkan Serangan Balasan ke Iran

Namun, di balik tantangan tersebut, terbuka pula peluang besar bagi media untuk menciptakan dampak positif yang besar bagi masyarakat. Dengan menjaga integritas dan mendengarkan kebutuhan masyarakat, media dapat menjadi agen perubahan yang kuat dalam memperjuangkan kebebasan pers.

Kebebasan pers menjadi elemen penting dalam kehidupan demokrasi. Meskipun kebebasan pers sering kali dihadapkan pada berbagai hambatan, baik dari pemerintah maupun pihak lain, namun media memiliki tanggung jawab untuk tetap bertindak secara bertanggung jawab.

Baca Juga: Barbados Resmi Akui Palestina Sebagai Sebuah Negara

Pertemuan antara Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dengan Vietnam Journalist Association (VJA) di Vietnam pada Senin, 22 April 2024, menjadi momentum penting untuk mendiskusikan tantangan dan peluang yang dihadapi oleh media di kedua negara. Dengan bertukar pengalaman dan ide, diharapkan kedua negara dapat saling mendukung dalam menghadapi perubahan yang terus berkembang di dunia media. ***

Editor: Aan Sangkutiyar

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah