Wakil Ketua Umum PAN: Prioritaskan Kader Sendiri dan Pertahankan Koalisi untuk Pilkada Serentak 2024

- 21 April 2024, 21:28 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi.
Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi. /Pikiran Rakyat/Boy Darmawan/

KLIKLUBUKLINGGAU.com - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga Mauladi, menyatakan bahwa partainya akan memprioritaskan kader sendiri untuk diusung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Dia menegaskan bahwa kader PAN yang akan diusung harus memiliki integritas, dedikasi, profesionalisme, serta visi dan program pembangunan yang jelas.

PAN juga berkomitmen untuk melanjutkan koalisi dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM), meskipun menyadari bahwa konfigurasi politik di daerah tidak selalu sama dengan tingkat nasional.

Baca Juga: Indikator Politik: 77,2% Responden Puas dengan Kinerja Presiden Joko Widodo Selama 2 Periode Menjabat

Pertimbangan utama dalam pembentukan koalisi adalah bahwa pasangan calon yang didukung harus memiliki kriteria sebagai pemimpin daerah yang baik, amanah, mencintai rakyat, dan memiliki semangat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Viva menjelaskan bahwa Pilkada serentak 2024 merupakan agenda nasional penting bagi PAN setelah pemilu legislatif dan pemilu presiden. Dia menekankan pentingnya proses seleksi kepemimpinan nasional yang terintegrasi dari tingkat nasional hingga daerah melalui Pilkada.

Partai ini melihat Pilkada sebagai kesempatan untuk mempercepat regenerasi kepemimpinan daerah demi mencapai tujuan pembangunan nasional, terutama dalam membangun desa-desa di seluruh Indonesia. Selain itu, Pilkada juga dianggap sebagai ajang pendidikan politik bagi rakyat guna meningkatkan kualitas demokrasi.

Baca Juga: Edy Rahmayadi Ambil Formulir Pendaftaran Bakal Calon Gubernur dari PDIP untuk Pilkada 2024

Untuk Pilkada Maluku, PAN akan kembali mengusung Irjen Pol. Murad Ismail sebagai calon Gubernur Maluku periode 2024-2029.

Halaman:

Editor: Firmansyah Ababil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah